Pada Tahun Ajaran 2024/2025, SD Negeri 1 Raja meluncurkan sebuah program unggulan yang diberi nama SARU PRABU, singkatan dari Satu Guru Satu Prakarsa Perubahan. Program ini digagas sebagai bentuk komitmen sekolah dalam mendorong budaya inovasi di kalangan pendidik. Melalui SARU PRABU, setiap guru diberikan ruang untuk menyalurkan ide-ide kreatif dan solusi inovatif dalam merancang serta melaksanakan prakarsa perubahan yang berdampak langsung pada peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri 1 Raja. Program ini hadir sebagai langkah konkret untuk mengubah tantangan di sekolah menjadi peluang melalui kontribusi aktif dari seluruh pendidik.
Dalam pelaksanaannya, setiap guru dituntut untuk bereksperimen dan mengembangkan ide-idenya menggunakan kerangka kerja BAGJA, yang merupakan akronim dari Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan Rencana, dan Atur Eksekusi. Kerangka BAGJA ini menjadi pendekatan strategis dalam merancang program yang berorientasi pada potensi, bukan pada kekurangan. Dengan kata lain, program-program yang dihasilkan didasarkan pada kekuatan yang telah dimiliki sekolah dan komunitasnya, sehingga lebih realistis untuk diimplementasikan dan berkelanjutan. Ide-ide yang digagas oleh para guru kemudian dituangkan ke dalam bentuk program nyata yang selaras dengan visi dan misi sekolah, yakni menciptakan lingkungan belajar yang aktif, kreatif, dan penuh semangat kolaboratif.
Keberhasilan pelaksanaan SARU PRABU tidak hanya berdampak secara internal, tetapi juga mendapat pengakuan di tingkat yang lebih tinggi. Program ini berhasil mengantarkan SD Negeri 1 Raja meraih dua penghargaan prestisius di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. Yang pertama, SD Negeri 1 Raja dinobatkan sebagai Juara 1 Jambore Guru Cabang Kepala SD Inovasi, sebuah ajang yang menilai kreativitas dan kepemimpinan kepala sekolah dalam membina guru dan mendorong transformasi pendidikan. Yang kedua, sekolah ini juga meraih Juara 2 Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, sebagai bentuk apresiasi atas kinerja kepala sekolah dalam memimpin perubahan dan menciptakan iklim sekolah yang kondusif bagi pengembangan inovasi.
Pencapaian ini menjadi bukti bahwa melalui kolaborasi, inovasi, dan pendekatan yang berfokus pada kekuatan, sekolah dapat menghadirkan perubahan yang nyata dan berdampak. SARU PRABU kini tidak hanya menjadi program internal sekolah, tetapi juga menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain dalam mengembangkan prakarsa perubahan yang melibatkan seluruh komponen pendidikan.
Tidak ada komentar